Rabu, 14 Maret 2012

Transmisi data

Transmisi data

Konsep transmisi data.
Pada dasarnya transmisi data memiliki 3 bagian. Pemancar(transmitter), penerima(receiver), dan media penyalur di antara keduanya.

Transmitter.
Pemancar atau transmitter adalah suatu alat pengirim sinyal, yang dimana biasanya bentuknya sinyal analog dikirimkan ke penerima atau receiver yang akan menrima sinyal tersebut dan mengubahnya menjadi sinyal digital. Sinyal transmitter bisa berupa frekuensi radio, dimana sinyal tersebut akan menciptakan gelombang radio, proses ini disebut modulasi. Dari proses modulasi menghasilkan beberapa gelombang :
1. AM
Amplitude modulation transmitter. Yaitu gelombang yang berdasarkan kuat lemahnya frekuensi.
2. FM
Frequency modulation transmitter. Yaitu gelombang yang berdasarkan kerapatan frekuensi.
3. PM
Phase modulation transmitter. Yaitu gelombang yang berdasarkan sudut frekuensi.

Receiver
Penerima atau receiver adalah sebuah alat elektronik penangkap gelombang elektromagnetik atau gelombang radio biasanya dengan antenna. Receiver juga berfungsi sebagai modulator pengubah dari gelombang radio ke format yang dapat dibaca oleh mesin.

Media.
Media transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data. Media transmisi digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika, seperti telepon, komputer, televisi, dan radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada pesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih..