Rabu, 29 Desember 2010

Toko online (e-commerce)

 Toko online (e-commerce) merupakan salah satu peluang bisnis online yang paling layak di dunia web saat ini. Ketika saya memulai situs butik, kantor hanya memerlukan biaya paket start up dan risiko relatif rendah. Namun berbeda bila membuat atau membuka situs toko online.

 Menciptakan sebuah situs toko online adalah proses yang lebih kompleks ketimbang membuat situs katalog semacam situs InteriorKantor.com tersebut. Tujuan artikel ini adalah untuk memandu Anda melalui langkah-langkah yang diperlukan dan rencana yang Anda butuhkan untuk berhasil mendirikan situs toko online atau e-commerce.

1. Cari Ceruk Pasar

 Hal pertama yang harus dilakukan adalah menemukan ceruk pasar Anda. Periksa hobi dan minat Anda untuk ide-ide bisnis potensial. Jika Anda menyukai sepak bola, mempertimbangkan menjual perlengkapan atau tim sepak bola seragam secara online. Berfokus pada keahlian atau sesuatu yang memiliki gairah besar untuk bisa memberikan keuntungan lebih dari pesaing yang tidak memiliki pengetahuan mendalam ceruk pasar itu.
 
2. Riset Ceruk Pasar Anda
 
 Setelah Anda mendapatkan beberapa ide, mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan lebih jauh. Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:

•Berapa banyak orang mencari layanan Anda?


•Ke mana mereka pergi dan menemukan produk / jasa yang Anda tawarkan?


•Berapa banyak pencarian yang tersedia buat produk Anda di Google?


 Anda mungkin tidak memiliki anggaran untuk beriklan dalam menciptakan pasar agar permintaan datang, jadi lebih aman dan lebih murah untuk pergi ke mana permintaan terhadap produk atau jasa Anda sudah tersedia.

3. Teliti Lingkup Pesaing Anda


 Meneliti pesaing Anda. Luangkan waktu buat memeriksa situs Web mereka dan membandingkan produk dan layanan mereka. Beri diri Anda ide tentang apa yang Anda hadapi, sehingga Anda dapat membuat situs toko online yang profesional, atau bahkan lebih baik dari mereka.
 
4. Menulis Rencana Bisnis Anda
 
 Anda harus memiliki sebuah rencana bisnis buat mempermudah implementasi bisnis Anda. Membuat suatu perincian – termasuk tema situs Anda, tujuan, strategi bisnis. Juga merupakan hal bagus untuk membuat rencana anggaran pengeluaran, penjualan, laba dan lain-lain sehingga bisnis / toko online Anda tidak hanya pandangan sempit dalam pemikiran Anda saja. Mendefinisikan USP (Unique Selling Position) yang kuat buat membedakan Anda dari pesaing Anda.
 
5. Buat Website
 
 Mendaftarkan nama domain yang baik sebagai taktik pemasaran. Nama yang berakhir dengan com adalah terbaik dari semua. Mencoba untuk memasukkan kata kunci yang relevan dengan benar dalam menggambarkan bisnis atau produk Anda.



 Sebuah situs web yang dirancang dengan baik menciptakan kesan pertama yang baik terhadap prospek Anda. Jika konten situs Web Anda menargetkan kata kunci tertentu buat mendapatkan arus lalu lintas atau peringkat tertinggi di mesin pencari, dapat dilakukan dengan membuat artikel informatif, product reviews, deskripsi dan perbandingan. Jika Anda kekurangan waktu, banyak pakar SEO (search engine optimization) yang bersedia membantu Anda dengan harga yang wajar.

6. Host Your Website

 Menemukan perusahaan hosting yang dapat diandalkan untuk menempatkan website Anda pada server mereka. Pilih web hosting yang dapat diandalkan yang menyediakan cukup ruang disk dan bandwidth dengan didukung fitur script e-commerce / toko online. Email dengan nama domain sendiri juga harus tersedia untuk memberikan citra profesional.



 File website Anda dapat di-upload menggunakan program FTP yang sederhana atau layanan upload file dalam account hosting Anda. Personil dukungan teknis dari perusahaan hosting tersebut harus memandu Anda melalui langkah-langkah untuk meng-upload file Anda dan meluncurkan website Anda.

7. Menerapkan Shopping Cart / Keranjang Belanja

 Sebuah situs e-commerce / toko online tidak pernah lengkap tanpa keranjang belanja yang aman. Jika remote keranjang belanja (shopping cart) tidak berada dalam anggaran Anda, ada banyak perusahaan pengolahan kartu kredit yang siap, menggunakan merchant account untuk biaya yang kecil. Beberapa yang populer untuk Anda adalah ClickBank atau PayPal yang populer di Indonesia.

8. Pemasaran dan Promosi

 Anda telah mengidentifikasi ceruk pasar Anda, membuat situs toko online / e-commerce dan Anda. Sekarang sampai bagian yang paling penting – mempromosikan situs anda! Ini bisa menghabiskan waktu bagi kebanyakan orang. Entah Anda belajar untuk melakukan hal ini sendiri atau Anda memberikan kepada seorang ahli untuk melakukannya buat Anda.



Mulailah dengan mengirimkan situs Anda ke mesin pencari utama seperti Google, Yahoo, Dmoz, dll Anda juga perlu mengoptimalkan situs Anda dengan menggunakan kata kunci-kata kunci dan konten yang kaya. Ada banyak peluang bisnis strategi promosi seperti iklan, link exchange, e-zine promosi dll, yang anda mungkin perlu untuk mengeksplorasi untuk menciptakan keberadaan online Anda dalam membangun lalu lintas ke situs online Anda.


Akhir kata banyak pekerjaan pengaturan toko online / e-commerce Anda. Tetapi sukses bahkan membuat lebih banyak pekerjaan lagi. Ingat, kesuksesan dapat menjadi milik Anda asalkan Anda tekun bekerja keras dan cerdas!

1 komentar:

terima kasih..