Senin, 29 November 2010

Sistem Informasi Manajemen (Pendahuluan)

 Informasi sebagai salah satu sumber dasar yang ada bagi manajer, yaitu sumber yang hanya mempunyai nilai sebagaimana halnya makhluk, materi, atau moneter. Informasi secara khusus mempunyai nilai karena ia akan memberikan sumber yang nyata lainnya. Pemberian ini akan menjadi lebih berperan bila perusahaan bertambah besar.

 Manajer pada stand kecil di lobi hotel dapat mengelola dengan cara mengamati unsur yang terlihat, yaitu penjual, petugas cash register, ruangan, dan pelanggan. Bila skalanya naik ke suatu perusahaan yang memiliki ratusan atau ribuan karyawan, dengan operasi yang tersebar luas, maka manajer akan kurang dapat mengamati operasi fisik yang ada dan ia akan menngandalkan Informasi yang memberikan gambaran operasinya. Ia menggunakan berbagai tampilan laporan dan informasi untuk mengetahui keberadaan perusahaan. Maka seperti halnya apa yang dilakukan presiden dari General Motors atau Texaco atau Sears, mereka mengandalkan dan mempercayakan pengontrolannya dengan Informasi. Para eksekutif ini mungkin menganggap bahwa informasi adalah sumber yang paling penting baginya.

 Jika informasi dianggap sebagai sumber, maka seperti halnya sumber yang lain, informasi dapat dikelola. Sumber lain (manusia, uang, materi, dan mesin) diperoleh dan dipasangkan untuk digunakan bila diperlukan. Seringkali, proses pemasangan atau penggabungan mengakibatkan perubahan bahan mentah menjadi bentuk jadi atau siap pakai, seperti training bagi para karyawan atau penyusunan seperangkat mesin khusus. Bila sumber ini telah disusun, maka manajer harus dapat memaksimalkan pengunaannya. Manajer berusaha untuk meminimalkan jumlah waktu yang tidak berguna dan harus menjaga fungsinya supaya dapat mencapai efesiensi yang maksimal. Akhirnya, manajer harus mengganti sumber tersebut pada waktu yang tepat, yaitu sebelum terjadinya ketidak efisienan dan mengurangnya fungsi yang dibutuhkan untuk kontribusi perusahaan.

 Berlanjut ke SIM (Definisi) >>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih..