Rabu, 03 November 2010

E-Commerce meramaikan pasar dunia

Dewasa ini, dimana pada masa ini teknologi sudah semakin berkembang, segala macam bentuk teknologi ada pada masa ini, di masa ini orang - orang dapat melakukan sesuatu dengan instan. Contohnya adalah E-Commerce.

E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

SEJARAH E-COMMERCE
E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:

1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan



CONTOH PERUSAHAAN YANG BERGERAK DENGAN E-COMMERCE
Banyak toko online yang bermunculan di indonesia. Dari bidang jasa hingga produk barang. Salah satunya brandedbutik.com yang kantornya berada di
Plasa Tendean lt.3
Singgasana 326 DII 
Jl. Kapt. Tendean No. 45
Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
Indonesia 12710
yaitu situs jual beli berbagai fashion pria dan wanita.


CARA PELAYANAN
Dalam e-commerce banyak sekali cara pelayanan yang diberikan tergantung pemilik situs tersebut. Ada yang berbentuk forum untuk bernegosiasinya, no telephone, dan e-mail. Di brandedbutik pelanggan dapat kontak langsung dengan pemilik(saya sendiri) dengan via e-mail, telephone, yahoo massanger dan blackberry massanger. Semua produk yang diinginkan pelanggan sudah di post di catalog situs, tinggal kontak si pemilik(saya sendiri) untuk detail barang yang kita inginkan.


MEKANISME PEMBAYARAN
Cara pembayaran di brandedbutik terdapat dua cara, pertama via bank transfer dan kedua via kirim uang lewat jasa setempat, atau bertemu langsung jika memungkinkan.


KELEMAHAN
Seperti kebanyakan toko online lainnya, kelemahannya ialah maraknya penipuan di situs jual beli, seperti memberi nomor rekening palsu atau produk tidak diantar.

KELEBIHAN
Dengan adanya E-Commerce, seseorang tidak perlu repot - repot pergi ke toko yang jauh untuk membeli sebuah produk, kita hanya perlu duduk dan melihat - lihat produk yang dipasarkan di Internet.

2 komentar:

  1. Geliat Ecommerce Memang sangat menarik :)

    BalasHapus
  2. Terlebih E-commerce gratis untuk memasarkannya, tak perlu buat toko dulu, :D

    BalasHapus

terima kasih..